Kiat Terhindar Riba


💰Kiat Terhindar dari Riba 💰

1⃣ Bertakwa kepada Allah.

📗“Barangsiapa bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan memberikan jalan keluar.” (QS. Ath-Thalaq: 2)

2⃣ Kesabaran menghadapi problematika kehidupan Allah dengan hikmah dan keadilan-Nya yang sempurna menjadikan dunia sebagai medan ujian dan cobaan.

📗“Sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.” (QS. Al-Baqarah: 155)

3⃣ Zuhud dan wara’ terhadap dunia.

🌴Allah mengabarkan kepada para hamba-Nya tentang hakikat kehidupan dunia,

📗“Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan.” (Ali‘Imran: 185)

4⃣ Qana’ah.

📌Qana’ah adalah seorang hamba menerima atau merasa cukup dengan apa yang diberikan oleh Allah kepada dirinya. Rasulullah  memuji sifat yang mulia ini,

📕“Sungguh bahagia orang yang masuk Islam dan dikaruniai rizeki yang cukup, serta Allah menjadikannya merasa cukup dengan apa yang Dia telah karuniakan kepadanya.”(HR. Muslim dari Ibnu Umar)

👉Dengan qana’ah, seorang muslim akan selamat dari perbudakan harta dan dunia. Dia akan selamat dari penyakit rakus dan serakah sehingga selamat dari berbagai jebakan dan jeratan riba.

5⃣ Mencari rezeki yang halal dengan cara yang halal.

📝 Nabi bersabda (yang artinya), “Tidaklah seseorang memakan makanan yang lebih baik daripada hasil jerih payahnya sendiri. Sesungguhnya Nabi Dawud senantiasa  makan darijerih payahnya sendiri.” (HR. al-Bukhari)

6⃣ Kepedulian dan bantuan orang-orang kaya.

💸 Harta adalah nikmat dari Allah yang harus disyukuri. Di antara wujud rasa syukur seorang hamba yang diberi limpahan materi adalah membantu saudaranya dengan pinjaman tanpa riba.

📢 Mohon disebarkan. Semoga bermanfaat, wallahu ta’ala a’lam.📢
______________
📱Pesan ini disebarkan oleh:
♻ Tim Dakwah WhatsApp Al-Hisbah +6283811888118
🌐 www.hisbah.net | www.hisbah.or.id
📲 Untuk berlangganan risalah Islam ini, silahkan Ketik
👉 L/PKotaNama ➡ +6283811888118
📱BBM 545FFDA2
Previous
Next Post »
"Aku wasiatkan kepada kamu untuk bertakwa kepada Allah; mendengar dan taat (kepada penguasa kaum muslimin), walaupun seorang budak Habsyi. Karena sesungguhnya, barangsiapa hidup setelahku, dia akan melihat perselishan yang banyak. Maka wajib bagi kamu berpegang kepada Sunnahku dan Sunnah para khalifah yang mendapatkan petunjuk dan lurus. Peganglah dan gigitlah dengan gigi geraham. Jauhilah semua perkara baru (dalam agama). Karena semua perkara baru (dalam agama) adalah bid’ah, dan semua bid’ah adalah sesat." (HR. Abu Dawud no: 4607; Tirmidzi 2676; Ad Darimi; Ahmad; dan lainnya dari Al ‘Irbadh bin Sariyah).