Memunculkan pilihan dual booting (atau lebih)

Ceritanya saya menginstal windows 7 karena windows xp yang saya pakai sudah sekarat terkena virus. Beberapa hari kemudian, karena software untuk tugas akhir tidak compatible dengan 7 akhirnya kembali saya instal xp, namun di partisi yang berbeda. Windows 7 diinstal di drive C, sedangkan xp di drive E. Singkat cerita saya selesai menginstal xp, tapi ada sesuatu yang aneh. Kok gak ada pilihan bootingnya ya? I didn’t know what’s going on. Bingung, gundah gelisah gak bias masuk 7.

Akhirnya saya tanya sang master, bung ichsan. Saya pun balik lagi ke kampus (padahal baru nyampe kostan) untuk mencari tahu solusinya. Sampai di kampus, akhirnya dia menyarankan untuk menginstal program EasyBCD untuk memunculkan pilihan dual booting (atau lebih).
Sempet nyasar beberapa saat sih ketika menggunakan program tersebut. Tapi santai, saya gak akan ngasih jalan tersebut. Hal pertama yang harus dilakukan ketika pilihan untuk booting tidak muncul adalah tidak panik. Yang kedua adalah menginstal program untuk memunculkan pilihan booting, diantaranya adalah EasyBCD dari NeoSmart Technologies.

Jika Anda sedang berada di windows xp, coba saja jalankan program tersebut. Default OS untuk booting biasanya adalah 7.
- Pada Tab Add/Remove Entries: Pilihlah tipe OS yang digunakan (missal xp).
- Pada Field Name, beri saja label. Misal ‘XPku”
- Pada Field Drive, pilih drive dimana si xp terinstal.
- Kemudian pilih Add Entry, jangan lupa tekan SAVE


Kembali pilih tab “Manager Bootloader”. Kemudian pilih “Reinstal Vista Bootloader” dan klik Write MBR. Selanjutnya coba restart.

Setelah dihidupkan, maka akan ada pilihan booting. Silakan pilih windows 7. Kemudian setelah masuk windows 7, instal kembali program EasyBCD dan ikuti langkah berikut:
- Download file NTLDR di sini
- Ekstrak ketiga file tersebut pada drive dimana si xp diinstal (misal D:\)

Lihat kembali setting bootloader pada EasyBCD pada tab “View Setting”. Pastikan bahwa susunannya sebagai berikut (contoh):


There are a total of 2 entries listed in the Vista Bootloader.
Bootloader Timeout: 30 seconds.
Default OS: Windows 7 Ultimate (recovered)

Entry #1

Name: Windows 7 Ultimate (recovered)
BCD ID: {current}
Drive: C:\
Bootloader Path: \Windows\system32\winload.exe
Windows Directory: \Windows

Entry #2

Name: XP
BCD ID: {b88f7bbf-3306-11df-a561-821873d718e7}
Drive: C:\
Bootloader Path: \NTLDR

Kalau semuanya sudah OK, silakan restart dan nikmati windows 7 dan xp. Oiya, biasanya kalau kita menginstal xp kemudian 7, maka pilihan booting akan tersedia. Tutorial di atas berlaku jika diinstal 7 terlebih dahulu, baru xp. Okay kawan, jika ada cara yang lebih singkat dari ini, mohon disharing yak. Semoga membantu.
Previous
Next Post »
"Aku wasiatkan kepada kamu untuk bertakwa kepada Allah; mendengar dan taat (kepada penguasa kaum muslimin), walaupun seorang budak Habsyi. Karena sesungguhnya, barangsiapa hidup setelahku, dia akan melihat perselishan yang banyak. Maka wajib bagi kamu berpegang kepada Sunnahku dan Sunnah para khalifah yang mendapatkan petunjuk dan lurus. Peganglah dan gigitlah dengan gigi geraham. Jauhilah semua perkara baru (dalam agama). Karena semua perkara baru (dalam agama) adalah bid’ah, dan semua bid’ah adalah sesat." (HR. Abu Dawud no: 4607; Tirmidzi 2676; Ad Darimi; Ahmad; dan lainnya dari Al ‘Irbadh bin Sariyah).