Mengganti suara Startup tanpa Software

Ok, saya akan berbagi bagaimana cara mengganti suara startup, shutdown, dll pada operating system, baik itu Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Linux, bahkan Mac OS sekalipun tanpa menggunakan Software (Misal Tune Up Utilities). Dalam tulisan ini saya hanya akan mencontohkan bagaimana mengganti suara startup pada Windows XP. Sebelum berlanjut ke tutorial, saya akan sedikit menjelaskan mengenai konsep dasarnya.

Komputer (yang telah diinstal operating system) adalah alat canggih dan pintar, tapi sayangnya mudah sekali ditipu. Contohnya ketika dia startup, dia akan memanggil file “Windows XP Startup.wav” untuk membunyikan suara startup. Bagaimana jika kita membuat suara lain dengan nama Windows XP Startup.wav ? Konsep sederhana inilah yang digunakan untuk mengganti suara startup tanpa memerlukan keahlian programming.

Baiklah tanpa panjang lebar, berikut caranya:

Siapkan file suara dengan format .WAV (durasi sekitar 5 detik)
File .WAV dapat dipotong menggunakan Audio Editor (saya biasa menggunakan Camtasia Audio Editor atau Jet Audio Cutter)
Copy file tersebut ke C:\WINDOWS\Media
Rename file asli Windows XP Startup.wav, misalnya Windows XP Startup_init.wav
Rename file yang telah disiapkan dengan Windows XP Startup.wav

Anda bisa berkreasi untuk mengubah suara-suara yang lain. Ingat, file awal lebih baik tidak dihapus. Setelah itu, silakan restart dan rasakan bedanya, hihihiy….



Previous
Next Post »
"Aku wasiatkan kepada kamu untuk bertakwa kepada Allah; mendengar dan taat (kepada penguasa kaum muslimin), walaupun seorang budak Habsyi. Karena sesungguhnya, barangsiapa hidup setelahku, dia akan melihat perselishan yang banyak. Maka wajib bagi kamu berpegang kepada Sunnahku dan Sunnah para khalifah yang mendapatkan petunjuk dan lurus. Peganglah dan gigitlah dengan gigi geraham. Jauhilah semua perkara baru (dalam agama). Karena semua perkara baru (dalam agama) adalah bid’ah, dan semua bid’ah adalah sesat." (HR. Abu Dawud no: 4607; Tirmidzi 2676; Ad Darimi; Ahmad; dan lainnya dari Al ‘Irbadh bin Sariyah).