Tips jalan kaki menaiki tangga

Mungkin terlihat aneh tapi percayalah, tips ini akan sangat membantu Anda ketika jalan kaki menaiki tangga. Berjalan menaiki tangga memang lebih berat karena kita melawan gravitas bumi. Tentunya gaya yang dilawan akan berbeda untuk tiap orang, tergantung berat badan. Berikut adalah tips agar jalan kaki menaiki tangga lebih terasa ‘enteng’.

Cobalah Anda berjalan menaiki tangga dengan arah langkah yang miring, boleh ke kanan, boleh ke kiri. Asal jangan lurus. Berdasarkan fisika dasar, ketika kita berjalan dengan arah lurus, sudut yang dibentuk adalah nol derajat sedangkan ketika berjalan dengan arah miring, sudut yang dibentuk lebih dari nol derajat sehingga nilai cosinusnya lebih kecil. Oleh karena itu gaya yang diterima menjadi lebih kecil. Mungkin itu penjelasan ilmiahnya, semoga tidak salah.

Saya menulis tulisan ini berdasarkan pengalaman pribadi kemudian dilakukan percobaan dengan berjalan naik di tangga kampus meski kadang terlihat aneh oleh beberapa orang, dan mungkin terlihat autis. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat.
Previous
Next Post »
"Aku wasiatkan kepada kamu untuk bertakwa kepada Allah; mendengar dan taat (kepada penguasa kaum muslimin), walaupun seorang budak Habsyi. Karena sesungguhnya, barangsiapa hidup setelahku, dia akan melihat perselishan yang banyak. Maka wajib bagi kamu berpegang kepada Sunnahku dan Sunnah para khalifah yang mendapatkan petunjuk dan lurus. Peganglah dan gigitlah dengan gigi geraham. Jauhilah semua perkara baru (dalam agama). Karena semua perkara baru (dalam agama) adalah bid’ah, dan semua bid’ah adalah sesat." (HR. Abu Dawud no: 4607; Tirmidzi 2676; Ad Darimi; Ahmad; dan lainnya dari Al ‘Irbadh bin Sariyah).