Kenapa minum obat setelah makan?

Yuk kita sharing lagi. Pernah berobat ke puskesmas atau rumah sakit? Pastinya pernah kan? Nah, biasanya kan suka dikasih obat di apotek, terus suka ada peringatan kalo obatnya harus diminum setelah makan. Pernah tanya kenapa harus makan dulu? Hm… saya juga gak pernah.

Salah satu tujuan kita makan dulu sebelum minum obat adalah untuk melindungi obat dari asam lambung. Sebelum makan atau ketika kondisi perut kita kosong, konsentrasi asam lambung relative lebih tinggi daripada setelah makan. Pada umumya obat yang kita minum tidak akan ‘berfungsi’ baik pada kondisi yang terlalu asam sehingga harus ada makanan yang ‘menyibukkan’ si asam sehingga obatnya bisa bekerja dengan tenang.

Makanya dianjurkan untuk makan dulu sebelum minum obat. Mungkin itu sekedar pengetahuan yang bisa saya share, kalau ada masukan mohon dishare juga, bisa saja penjelasan tersebut salah. Hayo atuh ditunggu sharingnya buat mamah ani, bu dini, mamah ayi, dan dokter-dokter lain. Oiya, kalau berobat ke dokter, jangan sungkan untuk bertanya, kenapa begini, kenapa begitu. Sepulang dari berobat, kita dapet obat juga dapet pengetahuan…
Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
SAVE 1 PLANET
AUTHOR
May 6, 2010 at 4:24 PM delete

terimakasih saya jadi tau. ada jaga obat yg harus diminum sebelum makan :obat mahg

Reply
avatar
"Aku wasiatkan kepada kamu untuk bertakwa kepada Allah; mendengar dan taat (kepada penguasa kaum muslimin), walaupun seorang budak Habsyi. Karena sesungguhnya, barangsiapa hidup setelahku, dia akan melihat perselishan yang banyak. Maka wajib bagi kamu berpegang kepada Sunnahku dan Sunnah para khalifah yang mendapatkan petunjuk dan lurus. Peganglah dan gigitlah dengan gigi geraham. Jauhilah semua perkara baru (dalam agama). Karena semua perkara baru (dalam agama) adalah bid’ah, dan semua bid’ah adalah sesat." (HR. Abu Dawud no: 4607; Tirmidzi 2676; Ad Darimi; Ahmad; dan lainnya dari Al ‘Irbadh bin Sariyah).