Java.null… pada Blackberry

Saya lupa pesan errornya seperti apa, tapi biasanya pesan error tersebut muncul ketika ingin menghapus call log. Biasanya lagi, fasilitas search message pada blackberry juga akan tidak berfungsi jika kita tidak bisa menghapus beberapa call log dan muncul pesan Java.null…. bla bla bla.

Selain tidak berfungsinya fungsi search message, beberapa incoming call maupun outcoming call tidak bisa terekam di call log. Saya yakin masalah tersebut akan cukup merepotkan karena saya pernah mengalami bagaimana menderitanya mencari pesan diantara ribuan pesan dan tidak bisa mencari nomor hp baru yang masuk incoming call.

Untuk mengatasi masalah tersebut, silakan colok BB Anda ke computer, kemudian buka software BB Dekstop Manager. Kemudian pilih menu Backup and Restore --> Advance. Pada box Device database, cari Phone Call Logs. Nah, pilih Phone Call Logs, terus pencet deh “Clear”. Call logs pada BB akan dihapus secara ‘professional’ oleh software.

Setelah dihapus, biasanya pesan error “java.null..” akan hilang ketika kita menghapus call log secara manual. Selain itu, fasilitas search message pun dapat digunakan kembali. Anda tidak perlu repot-repot lagi mencari sms/mms/email diantara ribuan pesan. Anda juga tidak perlu ke counter bayar mahal-mahal. Ya kan? Anyway, selamat bereksperimen dan semoga tulisan ini bermanfaat buat Anda….


Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
March Toding
AUTHOR
February 16, 2010 at 9:19 AM delete

Informasi yg bagus

Jangan bosan berbagi info lewat blog, karena berbagi itu indah.
VOTE blog ”BIMBINGANMU” pada Djarum Black Blog Competition Vol.2

Reply
avatar
"Aku wasiatkan kepada kamu untuk bertakwa kepada Allah; mendengar dan taat (kepada penguasa kaum muslimin), walaupun seorang budak Habsyi. Karena sesungguhnya, barangsiapa hidup setelahku, dia akan melihat perselishan yang banyak. Maka wajib bagi kamu berpegang kepada Sunnahku dan Sunnah para khalifah yang mendapatkan petunjuk dan lurus. Peganglah dan gigitlah dengan gigi geraham. Jauhilah semua perkara baru (dalam agama). Karena semua perkara baru (dalam agama) adalah bid’ah, dan semua bid’ah adalah sesat." (HR. Abu Dawud no: 4607; Tirmidzi 2676; Ad Darimi; Ahmad; dan lainnya dari Al ‘Irbadh bin Sariyah).