Apa itu VSD?

VSD merupakan kepanjangan dari Variable Speed Drive. Dalam dunia perminyakan, VSD digunakan sebagai surface controller atau alat yang mengatur kinerja pompa yang dipasang di lubang sumur. Cara kerja VSD adalah dengan mengubah frekuensi listrik suatu pompa sehingga kinerja pompa yang dipasang di bawah permukaan dapat dikontrol dari permukaan.

Dalam VSD terdapat algoritma atau perintah-perintah dalam bahasa pemrograman yang memungkinkan VSD bekerja secara otomatis bila sesuatu hal terjadi. Misalnya, ketika laju alir fluida dari reservoir menurun, maka VSD secara otomatis akan menurunkan kinerja ESP. Sebaliknya, ketika laju alir fluida meningkat, maka VSD secara otomatis akan meningkatkan kinerja ESP. VSD pun dapat memerintahkan ESP untuk bekerja secara konstan pada laju alir fluida tertentu.

Berikut adalah salah satu contoh VSD dari salah satu perusahaan service terkemuka, Schlumberger.
Previous
Next Post »

4 comments

Write comments
Anonymous
AUTHOR
March 5, 2010 at 12:31 AM delete

In my opinion you are mistaken. Let's discuss it. Write to me in PM, we will talk.

Reply
avatar
March 7, 2010 at 11:13 AM delete

Hi... thanks for your opinion. Btw, what is your address? Sent to me,

new_teknokrat@yahoo.com

Reply
avatar
Anonymous
AUTHOR
October 30, 2010 at 6:17 PM delete

Bukannya VSD buat ngatur kecepatan motor dgn cara ngrubah frekuensi listriknya??ko ada torsi sgala yah???

Reply
avatar
October 30, 2010 at 9:36 PM delete

@anonymous: Terima kasih banyak atas koreksinya. Sebelumnya mohon maaf kepada yang telah membaca, saya menulis artikel ini saat saya baru awal belajar dan saya yakin masih banyak kekurangannya. Oleh karenanya, silakan sharing pendapat mengenai VSD sehingga pembaca lain mendapatkan info yang benar.

PS: Torsi di tulisan tersebut telah diganti dengan frekuensi listrik.

Reply
avatar
"Aku wasiatkan kepada kamu untuk bertakwa kepada Allah; mendengar dan taat (kepada penguasa kaum muslimin), walaupun seorang budak Habsyi. Karena sesungguhnya, barangsiapa hidup setelahku, dia akan melihat perselishan yang banyak. Maka wajib bagi kamu berpegang kepada Sunnahku dan Sunnah para khalifah yang mendapatkan petunjuk dan lurus. Peganglah dan gigitlah dengan gigi geraham. Jauhilah semua perkara baru (dalam agama). Karena semua perkara baru (dalam agama) adalah bid’ah, dan semua bid’ah adalah sesat." (HR. Abu Dawud no: 4607; Tirmidzi 2676; Ad Darimi; Ahmad; dan lainnya dari Al ‘Irbadh bin Sariyah).