Ringkasan Kajian


RINGKASAN HASIL KAJIAN :
-------------
Hari : Sabtu,27.06.15
Jam : 15.30-17.30
Tema : Petaka di hari
Hisab
Ustadz ALI NUR, Lc.
Tempat : Masjid Syaikh Hamad al Hamad/Imam
Asy-Syafi'i, Depok.
------------------

Bismillah ...
Hari akhir (akhirat) merupakan bagian dari keimanan seseorang, rukun iman ke-5. Yg dapat membuat orang malu untuk berbuat dosa dan berlomba-lomba melakukan keburukan.

Akhirat di mulai dari nyawa kita di cabut
QS.Ghafir:16 artinya "pada hari mereka bangkita dari kuburan, tdk ada yg tersembunyi dari Allah, Allah berkata 'milik siapakah hari ini?', hari itu milik Allah semata, baik mereka suka atau tidak. Pada hari ini akan diberi balasan setiap perbuatan setiap manusia, tidak ada kedzaliman pada hari itu"

Yang pasti semua kebaikan akan mendapatkan ganjaran dari Allah, sedangkan keburukan ada yg di beri ampunan dan ada yang tidak.

Kufur i'rot. yang tidak memiliki ilmu, orang berbuat suatu kemaksiatan karena tidak tahu maka tidak ada balasan/hukuman dari perbuatan tsb, tetapi dia akan dihukum karena tidak mau belajar mengenai hal tsb, sedangkan hukum tidak mau belajar lebih besar dari pada dosa melakukan kebaikan.

Ar raf:38 "Di hari hisab nanti, setiap orang yg masuk neraka pasti akan mencari kambing hitam. Dan pertama kali dijadikan kambing hitam adalah orang tuanya. Mereka menyesalkan generasi sebelumnya dan meminta utk meilpatkan azab utk kambing hitam tsb. Padahal tidak ada yg memaksakan hal tsb."

Model mahkhamah Allah
1. Mutlak adil. barang siapa yg melakukan kebaikan maka dia akan melihatnya. jangan remehkan perbuatan baik, karena kita tdk tahu perbuatan baik mana yg memasukkan kita kedalam surga
2. Tidak dipengaruhi oleh nasab/keturunan. Ketika seseorang diadili Allah akan berkata "barang siapa yg pernah di dzalimi orang ini, silahkan menuntut/mengambil kebaikan dari orang ini", kaka setiap anak, istri, suami akan menutut/mengambil kebaikan walaupun dari nasabnya hanya memikirkan keselamatan diri sendiri, tanpa memikirkan apa yg terjadi pada keluarganya
3. Tidak ada sogok-menyogok pada saat itu. Setiap manusia akan dibangkitkan dengan telanjang, maka tidak memiliki satu hal apapun untuk menyogok keputusan hisab. Pada saat itu jika manusia memiliki harta sepenuh langit dan bumi, maka dia akan berikan semuanya untuk menyelamatkan dirinya.
4. Akan di hadirkan saksi-saksi. Allah ingin ketika manusia masuk kedalam neraka bukan hanya mengakui tetapi juga menyesali tanpa di dzalimi karena akan mengetahui kesalahan, merasa terhina dan layak untuk masuk kedalam neraka.
Siapa saja saksinya:
1. Yang paling agung yaitu Allah
2. Rasulullah dan umatnya
3. Malaikat
4. Anggota badan
5. Bumi akan menjadi saksi
6. Catatan amalan

Hisab ada 2,
1).hisab yang mudah
2). dan yang sulit.
Hisab yg mudah:
Allah akan mendekatkan terdakwa, hingga dekat lalu dipasangkan hijab/penghalang, sehingga proses hisab hanya antara dia dengan Allah, Allah menutup aibnya dari orang lain dan diapun mengakuinya, hingga akhirnya Allah hanya memberikan kitab amalan baik untuknya.
Hal tsb akan didapatkan oleh orang2 yg menutup aib orang lain

Apa saja yang ditanya di hari hisab ?
- setiap nikmat yang diberikan
1. Nikmat panca indra
2. Usia, ilmu, harta dan jasadnya
- kewajiban
- kepemimpinan
- kalimat yg meluncur dari ucapannya.
Wallahu 'alam.
πŸ’πŸ’πŸ’πŸŒΊπŸŒΊπŸ’πŸ’πŸ’
Previous
Next Post »
"Aku wasiatkan kepada kamu untuk bertakwa kepada Allah; mendengar dan taat (kepada penguasa kaum muslimin), walaupun seorang budak Habsyi. Karena sesungguhnya, barangsiapa hidup setelahku, dia akan melihat perselishan yang banyak. Maka wajib bagi kamu berpegang kepada Sunnahku dan Sunnah para khalifah yang mendapatkan petunjuk dan lurus. Peganglah dan gigitlah dengan gigi geraham. Jauhilah semua perkara baru (dalam agama). Karena semua perkara baru (dalam agama) adalah bid’ah, dan semua bid’ah adalah sesat." (HR. Abu Dawud no: 4607; Tirmidzi 2676; Ad Darimi; Ahmad; dan lainnya dari Al ‘Irbadh bin Sariyah).