Bid'ah menurut Imam Malik


Allah Ta'ala berfirman, : Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu ni?mat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu? ( QS. Al Ma'idah: 3 ).

Ketika Imam Malik rahimahullah membicarakan ayat di atas, beliau menyinggung bahaya bid?ah. Beliau berkata, ?Barangsiapa yang berbuat bid'ah dalam Islam dan ia menganggapnya hasanah ( baik ), ia berarti telah mengklaim bahwa Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam telah mengkhianati risalah. Karena Allah telah berfirman (yang artinya), 'Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu ?? Jika di saat Rasul hidup, sesuatu bukanlah termasuk ajaran Islam, maka saat ini juga bukanlah ajaran Islam.?
( Disebutkan oleh Asy Syatibi dalam Al I'tishom )

Semoga bermanfaat

Di Share oleh WA Seindah Sunnah

Share yuk mudah-mudahan Allah Ta'ala memudahkan jalan ke Surga bagi anda.. aamiin

Mau Dapat Ilmu? Gabung Yuk bersama Whatsapp Seindah Sunnah di :

FB : Seindah Sunnah
Fanspage : Fb.com/GroupSeindahSunnah
Website : SeindahSunnah.com
WA: 085319144749 ketik [ Nama # Umur # L/P # Alamat ]
Group : Fb.com/groups/SeindahSunnah
Previous
Next Post »
"Aku wasiatkan kepada kamu untuk bertakwa kepada Allah; mendengar dan taat (kepada penguasa kaum muslimin), walaupun seorang budak Habsyi. Karena sesungguhnya, barangsiapa hidup setelahku, dia akan melihat perselishan yang banyak. Maka wajib bagi kamu berpegang kepada Sunnahku dan Sunnah para khalifah yang mendapatkan petunjuk dan lurus. Peganglah dan gigitlah dengan gigi geraham. Jauhilah semua perkara baru (dalam agama). Karena semua perkara baru (dalam agama) adalah bid’ah, dan semua bid’ah adalah sesat." (HR. Abu Dawud no: 4607; Tirmidzi 2676; Ad Darimi; Ahmad; dan lainnya dari Al ‘Irbadh bin Sariyah).