Memerintah Windows dengan Suara


Hohoho, kali ini saya secara tidak sengaja menemukan fasilitas ‘aneh’ dari Windows 7, namanya Speech Recognition. Berawal dari ketidaksengajaan, akhirnya saya mencoba memahami tutorialnya selama 15 menitan, dan ternyata pengunaannya mudah sekali.

Selain bisa digunakan untuk mengklik menu-menu yang ada di windows dan aneka program yang kita install, Speech Recognition pun dapat dipakai untuk latihan speaking. Caranya mudah, buka saja word editor seperti Wordpad, Notepad maupun Microsoft Office Word. Lalu aktifkan speech recognition dan berbicaralah menggunakan bahasa Inggris. Komputer akan menuliskan apa yang kita katakan dalam word editor (tentu saja dalam bahasa inggris).

Dengan kata lain, speech recognition dapat dijadikan parameter sejauh mana kita fasih dalam melafalkan bahasa inggris. Menu Speech Recognition dapat diaktifkan di Control Panel >> Ease of Access >> Speech Recognition. Selamat mencoba dan berlatih! Semoga bermanfaat :)
Contoh penggunaan Speech Recognition dalam memilih menu
Tampilan jika input suara tidak dimengerti komputer
Previous
Next Post »

2 comments

Write comments
Stonzz
AUTHOR
September 9, 2010 at 12:33 PM delete

bisa bicara pake bahasa indonesia gx??

Reply
avatar
September 9, 2010 at 12:53 PM delete

Sepertinya belum bisa stonzz. Wah, bagus banget tuh ya kalo pake bahasa indonesia. Bisa jadi ide bagus kalo ngembangin aplikasi kayak gitu...

Reply
avatar
"Aku wasiatkan kepada kamu untuk bertakwa kepada Allah; mendengar dan taat (kepada penguasa kaum muslimin), walaupun seorang budak Habsyi. Karena sesungguhnya, barangsiapa hidup setelahku, dia akan melihat perselishan yang banyak. Maka wajib bagi kamu berpegang kepada Sunnahku dan Sunnah para khalifah yang mendapatkan petunjuk dan lurus. Peganglah dan gigitlah dengan gigi geraham. Jauhilah semua perkara baru (dalam agama). Karena semua perkara baru (dalam agama) adalah bid’ah, dan semua bid’ah adalah sesat." (HR. Abu Dawud no: 4607; Tirmidzi 2676; Ad Darimi; Ahmad; dan lainnya dari Al ‘Irbadh bin Sariyah).