Adsorpsi vs Absorpsi

Kebanyakan orang pasti dibingungkan oleh kedua istilah ini, termasuk saya pribadi. Sangat sulit sekali membedakan adsopsi dan absorpsi meski sudah dihafal berkali-kali. Arti kata dari absorpsi adalah menyerap, namun karena lafalnya hampir sama dengan adsorpsi, tidak jarang kita salah dalam menggunakan kedua istilah ini. Saya pun beberapa kali tertukar dalam penggunaan kedua kata ini.

Oleh karena itu, di bawah ini saya berikan gambar supaya mudah diingat mana ABsorpsi, mana ADsorpsi. Gambar ini saya ambil dari sebuah technical videos milik Fekete Associates Inc.  Semoga tidak salah lagi dalam membedakan ABsorpsi dan ADsorpsi.

Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
Unknown
AUTHOR
June 5, 2012 at 4:00 PM delete

kita juga punya nih artikel mengenai absorpsi, silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya http://www.gunadarma.ac.id/library/articles/graduate/economy/2009/Artikel_11205270.pdf
trimakasih :)

Reply
avatar
"Aku wasiatkan kepada kamu untuk bertakwa kepada Allah; mendengar dan taat (kepada penguasa kaum muslimin), walaupun seorang budak Habsyi. Karena sesungguhnya, barangsiapa hidup setelahku, dia akan melihat perselishan yang banyak. Maka wajib bagi kamu berpegang kepada Sunnahku dan Sunnah para khalifah yang mendapatkan petunjuk dan lurus. Peganglah dan gigitlah dengan gigi geraham. Jauhilah semua perkara baru (dalam agama). Karena semua perkara baru (dalam agama) adalah bid’ah, dan semua bid’ah adalah sesat." (HR. Abu Dawud no: 4607; Tirmidzi 2676; Ad Darimi; Ahmad; dan lainnya dari Al ‘Irbadh bin Sariyah).