Membuat Secondary Axis

Saya biasanya bingung bagaimana membuat secondary axis ketika membuat laporan. Meskipun dari SMA sudah belajar excel, rasanya materi ini tidak diajarkan. Beruntung saya mendapatkan ebook yang berjudul “Excel 2007 for Scientists and Engineers”. Ebook tersebut dapat diunduh gratis di scribd.com

Langsung saja, saya ‘menyomot’ sebagian tutorial dari ebook tersebut untuk membuat secondary axis. Secondary axis biasanya digunakan untuk memudahkan analisa data karena letaknya yang terpisah dari primary axis. Biasanya secondary axis ada di sebelah kanan sedangkan primary axis ada di sebelah kiri (misal sumbu y yang ada di sebelah kiri).

Langsung saja, untuk langkah pertama silakan ketik data di excel seperti gambar di bawah ini.

Setelah itu silakan klik data “Day0” seperti gambar di bawah ini.

Kemudian pilih tab “Format” >> “Format Selection” di pojok kiri atas. Terakhir, pilih pilihan “Secondary Axis” dan OK. Setelah selesai, maka akan ada sumbu tambahan di sebelah kanan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat….

Previous
Next Post »
"Aku wasiatkan kepada kamu untuk bertakwa kepada Allah; mendengar dan taat (kepada penguasa kaum muslimin), walaupun seorang budak Habsyi. Karena sesungguhnya, barangsiapa hidup setelahku, dia akan melihat perselishan yang banyak. Maka wajib bagi kamu berpegang kepada Sunnahku dan Sunnah para khalifah yang mendapatkan petunjuk dan lurus. Peganglah dan gigitlah dengan gigi geraham. Jauhilah semua perkara baru (dalam agama). Karena semua perkara baru (dalam agama) adalah bid’ah, dan semua bid’ah adalah sesat." (HR. Abu Dawud no: 4607; Tirmidzi 2676; Ad Darimi; Ahmad; dan lainnya dari Al ‘Irbadh bin Sariyah).