Data Hilang setelah Restore and Backup

Sekitar lima hari yang lalu, saya mencoba menginstall CD instalasi blackberry ke komputer. Tadinya ingin menginstal aplikasi, tapi gak bisa. Karena penasaran dengan fasilitas backup and restore, akhirnya saya mencoba membackup data. Ternyata pas mau file musik, tiba-tiba hilang. Tidak hanya music, tetapi semua data yang disimpan di micro SD hilang. Padahal kapasitasnya gede, tapi gak ada filenya.

Saya mencoba merestore, ternyata yang kerestore itu hanya log call, sms, phone book, dll. Saya coba juga merestart, tapi tetep gak bisa. Setelah sekian hari, pas saya ngejalanin aplikasi, tiba-tiba error. Akhirnya diputuskan untuk membuka baterainya dan memasangkanya kembali.

Setelah dinyalakan, ternyata data-data yang tadinya hilang kini telah kembali pada tempatnya. Mungkin efek dari restart tidak signifikan terhadap perubahan sistem dan ketika baterai dicabut, otomatis settingnya akan diupgrade kembali.

Mungkin ada baiknya kalo ada temen-temen yang punya masalah hilang data, tetapi terdetect di computer, untuk merestart. Dan jika masih belum bekerja, coba aja dicabut baterainya dan dipasang kembali. Semoga bermanfaat,,,
Previous
Next Post »
"Aku wasiatkan kepada kamu untuk bertakwa kepada Allah; mendengar dan taat (kepada penguasa kaum muslimin), walaupun seorang budak Habsyi. Karena sesungguhnya, barangsiapa hidup setelahku, dia akan melihat perselishan yang banyak. Maka wajib bagi kamu berpegang kepada Sunnahku dan Sunnah para khalifah yang mendapatkan petunjuk dan lurus. Peganglah dan gigitlah dengan gigi geraham. Jauhilah semua perkara baru (dalam agama). Karena semua perkara baru (dalam agama) adalah bid’ah, dan semua bid’ah adalah sesat." (HR. Abu Dawud no: 4607; Tirmidzi 2676; Ad Darimi; Ahmad; dan lainnya dari Al ‘Irbadh bin Sariyah).