Budaya Penelitian di Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS 2008)

Aku merasa sangat beruntung ketika hadir di UNISSULA sebagai salah satu peserta Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional yang ke 21, PIMNAS XXI 15-19 Juli 2008. Semangat, sportivitas, kejujuran, dan inovasi sangat kental sekali. Acara PIMNAS yang dilaksanakan diantaranya “Program Kreatifitas Mahasiswa /PKM (Penelitian, Ilmiah, Teknologi, Pengabdian Masyarakat, Lingkungan Hidup dan Kewirausahaan)”, “Debat Bahasa Arab, dan Inggris”, “Kompetisi Karya Tulis Mahasiswa /KKTM (IPA, IPS, dan Pendidikan)”, dan “Stand”.

Ada kesan tersendiri ketika masuk pameran stand. Aku melihat pameran stand ITS yang sangat keren. Semua alat yang dipajang adalah hasil kreatifitas murni mahasiswa. Yang paling membuatku kagum adalah desain lift hidrolik. Lift konvensional menggunakan energi listrik untuk mengangkat beban, sedangkan lift hidrolik menggunakan listrik untuk mengangkat air. Air tersebut lah yang akan mengangkat beban. Perbandingannya cukup signifikan. Untuk mengangkat air, tidak diperlukan energi listrik yang cukup besar, tetapi dapat mengangkat beban sampai berlipat kali berat air.

Intinya aku sangat kagum terhadap kreatifitas-kreatifitas mereka. Bermula dari impian dan menjadi nyata. Banyak sekali ide-ide kreatif yang ditulis maupun yang dipamerkan. Ada nuget yang terbuat dari belut, abon dari pisang, permen dari kencur, pokoknya banyak barang-barang aneh tapi nyata. Stand ITB sendiri memamerkan Teknologi Membran untuk air minum, Teknologi pembangkit listrik tenaga air skala pikohydro, Teknologi Biogas sebagai alternatif gas LPG, Maket British Council, Lukisan-lukisan unik, Teknologi Pemanfaatan karakterisitik DNA padi untuk meningkatkan hasil panen, dan lain-lain.

Intinya, masih ada yang dibanggakan dari mahasiswa. Sementara ini, mahasiswa kadang dipandang sebagai tukang demo, pembuat kericuhan, dst. Tapi ternyata masih ada mahasiswa yang memiliki kreatifitas untuk memajukan bangsa.

O iya, aku mau ngucapin slamat kepada teh Berlian (peserta paling cantik kategori KKTM), dan om Harapan yang tulisannya bagus bener (ini alamat blognya), terus buat mahasiswa Udayana yang kalem-kalem. Ide-ide Anda benar-benar keren. Dan aku harap bisa terealisasi. Kalo bisa, dipatenkan biar tidak kecolongan lagi. Terus buat semua peserta, teman-teman adalah pemenang. Request juga buat dewan juri KKTM, gimana kalo karya berbau fisika ato kimia dipertimbangkan. Hiks hiks ... T-T. Pokoknya tetap semangat dan jangan pernah berhenti untuk berinovasi! (jangan lupa direalisasikan dan dipatenkan)

Previous
Next Post »

3 comments

Write comments
ryntoz
AUTHOR
July 20, 2008 at 12:35 AM delete

huuuu mantap kegiatan kalian,, andaikan semua anak muda Indo seperti kalian ,,Cerdas Intelektual ,,, wuichh inovasi tiada henti,,,

bro,,, ber-inovasi lah

Reply
avatar
Tamrin
AUTHOR
July 20, 2008 at 1:25 AM delete

sep. ditunggu juga inovasi-inovasi spektakuler dari pihak blogger. aku jadi ada ide bikin blogger idol. pasti seru.

Reply
avatar
Anonymous
AUTHOR
July 25, 2008 at 4:23 AM delete

Salut!
Any pictures? Why not showcasing these inventions so that the whole world can see what young Indonesians are truly made of?

By the way, great blog! Keep writing.

Reply
avatar
"Aku wasiatkan kepada kamu untuk bertakwa kepada Allah; mendengar dan taat (kepada penguasa kaum muslimin), walaupun seorang budak Habsyi. Karena sesungguhnya, barangsiapa hidup setelahku, dia akan melihat perselishan yang banyak. Maka wajib bagi kamu berpegang kepada Sunnahku dan Sunnah para khalifah yang mendapatkan petunjuk dan lurus. Peganglah dan gigitlah dengan gigi geraham. Jauhilah semua perkara baru (dalam agama). Karena semua perkara baru (dalam agama) adalah bid’ah, dan semua bid’ah adalah sesat." (HR. Abu Dawud no: 4607; Tirmidzi 2676; Ad Darimi; Ahmad; dan lainnya dari Al ‘Irbadh bin Sariyah).