Jalan Kebahagiaan

Jalan Kebahagiaan Setiap Hamba:

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Allah ta'ala berfirman,

مَنْ عَمِلَ صَالِحًا مِنْ ذَكَرٍ أَوْ أُنْثَى وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَلَنُحْيِيَنَّهُ حَيَاةً طَيِّبَةً وَلَنَجْزِيَنَّهُمْ أَجْرَهُمْ بِأَحْسَنِ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

"Barangsiapa mengerjakan amal shalih, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan." [An-Nahl: 97]

Beberapa Pelajaran:

1) Iman dan amal shalih adalah jalan yang Allah ta'ala tetapkan untuk meraih kebahagiaan di dunia dan akhirat, serta mendapatkan balasan yang lebih baik di akhirat yaitu surga yang penuh kenikmatan.

2) Iman yang dimaksud adalah beriman seperti apa yang diimani oleh Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam dan para sahabat beliau, yaitu mentauhidkan Allah ta'ala dalam ibadah, tidak menyekutukan-Nya dengan sesuatu apa pun dan mengimani seluruh yang Allah perintahkan untuk diimani. Dan untuk mencapainya, secara mutlak harus dengan menuntut ilmu agama yang berdasarkan Al-Qur'an dan As-Sunnah sesuai pemahaman generasi Salaf.

3) Penegasan bahwa iman yang benar adalah syarat diterimanya amal shalih, apabila rusak keimanan seseorang maka tidak diterima amal shalih yang ia kerjakan.

4) Adapun yang dimaksud degan amal shalih adalah amalan yang terpenuhi padanya dua syarat:

Pertama: Ikhlas karena Allah ta'ala, tidak untuk pamer dan mengejar pujian manusia atau semata-mata mencari balasan di dunia.

Kedua: Meneladani Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam, tidak mengada-ada (berbuat bid'ah) dalam agama tanpa ada contoh dari beliau.

5) Kehidupan yang baik ada beberapa maknanya yang disebutkan para ulama:

Pertama: Rezeki yang baik lagi halal dari arah yang tidak ia sangka.

Selengkapnya: http://fb.me/1kCimnHfs

Baarokallaahu fiikum

Previous
Next Post »
"Aku wasiatkan kepada kamu untuk bertakwa kepada Allah; mendengar dan taat (kepada penguasa kaum muslimin), walaupun seorang budak Habsyi. Karena sesungguhnya, barangsiapa hidup setelahku, dia akan melihat perselishan yang banyak. Maka wajib bagi kamu berpegang kepada Sunnahku dan Sunnah para khalifah yang mendapatkan petunjuk dan lurus. Peganglah dan gigitlah dengan gigi geraham. Jauhilah semua perkara baru (dalam agama). Karena semua perkara baru (dalam agama) adalah bid’ah, dan semua bid’ah adalah sesat." (HR. Abu Dawud no: 4607; Tirmidzi 2676; Ad Darimi; Ahmad; dan lainnya dari Al ‘Irbadh bin Sariyah).